buku desripsi narasi dan analitik


 

DESKRIPTIF NARATIF

Judul Buku      : Sistem Politik indonesia ( Kestabilan, peta kekuatan politik, dan pembangunan).

Penulis             : Drs. Arbi Sanit

Penerbit           : PT RAJAGRAFINDO

Tahun terbit     : 2008

Sinopsis           : Stabilitas politik telah di anggap sebagai salah satu dasar berfikir yang empiris bagi penyusunan  strategi kehidupan bernegara dan bermasyarakat di indonesia,termasuk sistem politik itu sendiri.

Didalam buku ini STABILITAS POLITIK sebagai konsep bersama teori yang melatarinya, dipergunakan sebagai metode atau krangka untuk memahami sebagian dari keseluruhan proses politik di Indonesia sebagai suatu system.yang didalamnya juga mencakup tentang Pembangunandan pembaharuan politik, partisifasi politik dan legitimasi politik, dan politik, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Di atas landasan kestabilan politik seperti itulah pembangunan ekonomi dilaksanakan dengan kesejahteraan social bagi masyarakat Indonesia sebagai tujuan akhirnya.

 

Judul Buku     : Pemberontakan Petani Banten 1888

Penulis             : Santono Kartodirdjo

Penerbit           : Agungdeha

Synopsis          :  Pemberontakan petani Banten 1888 adalah studi kasus gerakan sosial di Indonesia dilakukan oleh Sartono Kartodidjo, sejarawan Indonesia. Studi ini membahas mengenai pemberontakan para petani di Banten yang melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Kolonial Belanda. Dalam perlawanan ini, petani Banten dipimpin oleh para Ulama dan para Tubagus, bangsawan di Banten. Sebelum terjadi pemberontakan pada 1888, sebelumnya juga telah terjadi pemberontakan-pemberontakan sipil. Sartono menyatakan bahwa pemberontakan-pemberontakan tersebut memliki kesinambangungan satu dengan yang lain.

Dalam buku tersebut diceritakan bahwa pemberontakan disebabkan oleh kemiskinan di daerah ini. Selain karena sebagian besar daerahnya gersang, penerapan pajak yang diterapkan oleh pemerintah Belanda semakin menambah beban para petani.

Di sisi lain, kemiskinan itu disebabkan karena letusan gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883. Letusan tersebut menghancurkan sebagian wilayah Banten. Gunung Krakatau yang terletak di antara Jawa dan Sumatra (selat Sunda) tidak hanya memuntahkan lahar tapi juga mengakibatkan gelombang tsunami. Tiga tahun kemudian terjadilah pemberontakan tersebut di tengah kemiskinan akut yang dialami orang Banten.

Meskipun metodologi utama yang digunakan Sartono adalah metodologi sejarah, ia juga memakai metodologi ilmu-ilmu sosial lain; politik, sosiologi, dan antropologi. Sehingga studi kasus ini komprehensif. Studi kasus ini ditulis dengan detail berdasarkan catatan persidangan para pelakunya serta arsip pemerintah Hindia Belanda.

Judul Buku      : Islam di Asia Selatan

Penulis             : Ajid Thohir, dan Ading Kusdiana

Synopsis          : Diantara perluasan wilayah yang pernah ditaklukan dan diislamisasikan oleh islam adalah kawasan Asia Selatan, Negara-negara yang termasuk kedalam kawasan ini adalah India, Pakistan, Banglades, Srilangka, dan Maladewa. Islam diperkenalkan diwilayah ini dalam bentuk sebuah peradaban yang telah berkembang yang diwarnai dengan budaya pertanian, perdagangan dan keagamaan yang terorganisir secara mapan. Islam bukan kekuatan pertama yang dapat menguasai kawasan ini, tetapi dengan masuk dan berkuasanya islam diwilayah tersebut selama tiga abad lamanya, ternyata islam mampu memberikan kontribusi bagi kebudayaan setempat. Karena wilayah ini terdiri dari berbagai macam ras, keturunan, dan golongan sehingga mengakibatkan wilayah ini mudah untuk dikuasai oleh kekuatan dari luar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DESKRIPTIF ANALISIS

Judul buku      : Ragi Carita ( Sejarah Gereja di Indonesia1)

Penulis             : Dr. Th. Van den End

Penerbit           : BPK Gunung Mulia

Tahun Terbit    : 1500-1860

Synopsis          : Buku ini adalah buku karangan pertama yang menyajikan sejarah Gereja di Indonesia yang menggunakan bahasa Indonasia.

Di wilayah Indonesia terdapat sejumlah Gereja-Gereja, yang masing-masing mempunyai sejarah sendiri. Di dalam buku ini akan mengupas factor-faktor terbentuknya gereja-geraja tersebut yang menyebabkan perbedaan corak antara gereja yang satu dan gereja yang lainnya.

 

 

 

 

Judul Buku                  : Santri, abangan, priyai dalam masyarakat jawa.

Penulis                         :Clifford Geertz

Synopsis                      :Buku ini, meskipun disebut sebagai sebuah novel, dari segi struktural lebih terlihat sebagai sebuah roman. Cerita berawal dari penjelasan tentang Wanagalih dan Wanalawas, latar utama cerita. Kemudian, tokoh Sastrodarsono diperkenalkan. Ia adalah seorang petani kecil yang akhirnya berhasil menjadi seorang priyayi. Ia menikah dengan Siti Aisah dan dikaruniai tiga orang anak: Nugroho, Hardojo, dan Soemini. Sebagai seorang priyayi, ia mempersilakan keponakan-keponakannya untuk tinggal bersamanya. Ia memiliki seorang keponakan yang bertabiat buruk bernama Soenandar, yang memiliki anak di luar nikah dari Ngadiyem. Namun, Soenandar kabur dan menolak untuk bertanggung jawab. Anak tersebut, Lantip, menjadi karakter utama dalam cerita ini.

Lantip diangkat anak oleh Hardojo. Karakter Lantip menggambarkan sosok seorang priyayi ideal menurut Umar Kayam. Di dalam cerita, Lantip menjadi seorang yang memiliki jasa yang sangat besar di dalam keluarga Sastrodarsono. Setiap kali masalah muncul di dalam keluarga Sastrodarsono, Lantip menjadi penasihat dan pencari solusi atas masalah-masalah tersebut. Cerita berakhir pada saat Ndoro Guru Sastrodarsono meninggal. Saat upacara pemakaman Sastrodarsono, Lantip berpidato, yang isinya menjadi intisari sekaligus kesimpulan dari buku Para Priyayi ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s